Categories
Berita

PSSi menunda liga 1 dan lainnya untuk memperlambat penyebaran COVID-19

(PSSI) dan penyelenggara liga sepak bola negara, PT Liga Indonesia baru (LIB), telah menunda semua kompetisi di dua liga utama mereka, Liga 1 dan Liga 2, selama dua minggu berikutnya karena mereka memprioritaskan keselamatan pemain, pejabat dan Penonton. Keputusan itu dibuat dalam pertemuan mereka yang luar biasa pada hari Senin malam.

“Setelah berkoordinasi dengan para pemuda dan Menteri olahraga, LIB dan Komite Eksekutif [PSSI], kami memutuskan untuk menunda kompetisi selama setidaknya dua minggu sambil menunggu update terbaru di COVID-19,” ujar Ketua PSSI, Mochamad iriawan, dalam sebuah pernyataan.

Penundaan itu datang hanya beberapa hari setelah Liga 2 dimulai pada hari Sabtu. Liga 1, sementara itu, baru saja memasuki minggu ketiga kompetisi sejak awal musim pada tanggal 29 Februari.

“Kami juga menunda kompetisi futsal, liga sepak bola wanita dan kamp pelatihan untuk tim nasional u-19. Untuk tim nasional U-16, kami memotong program pelatihan mereka dan telah mengirim para pemain dan pejabat kembali ke rumah mereka, “kata iriawan.

PSSI sekarang merancang rencana mitigasi dan menilai bagaimana wabah tersebut dapat mempengaruhi masa depan Liga setelah suspensi dua minggu.

Hal ini juga siap untuk membantu LIB dalam membahas pandemi global dengan sejumlah Liga Internasional, terutama di Asia Tenggara.

Menyadari kerugian keuangan klub sepak bola cenderung menderita sebagai akibat dari jeda pada kompetisi, PSSI berjanji untuk membantu LIB dalam menghitung kerugian dari masing-masing anggota klub.

“Beberapa negara lain telah membuat keputusan tegas untuk menghentikan kompetisi sepak bola mereka. Malaysia dan Thailand telah menunda liga sepak bola mereka. Tindakan serupa juga dilakukan di Cina, Jepang dan Korea Selatan, “Wakil Ketua PSSI dan Direktur LIB SOMANTRI.

Presiden Joko “Jokowi” Widodo telah berulang kali meminta orang untuk membatasi gerakan dan mematuhi rekomendasi menjauhkan sosial untuk mencegah penyebaran virus di negara ini, di mana ada setidaknya 172 dikonfirmasi kasus per Selasa.

Asosiasi bola voli Indonesia (PBVSI) memindahkan semua pertandingan yang tersisa dari Liga voli nasional, Proliga, dari berbagai tempat di Jawa hingga Sentul di Bogor, Jawa Barat, untuk meminimalkan risiko.

Ini termasuk pertandingan yang seharusnya diadakan di Jawa Tengah Surakarta, di mana administrasi setempat menyatakan kejadian yang luar biasa (KLB) status setelah kematian pasien COVID-19 di daerah minggu lalu.

Rencana tetap di tempat untuk kompetisi Proliga untuk dijalankan sesuai jadwal la liga  livescore31 sepanjang bulan April. Semua pertandingan masa depan akan dipentaskan tanpa penonton, ujar Direktur Proliga hanny Surkatty dalam sebuah pernyataan pada hari Senin.

Liga bola basket Indonesia (IBL) adalah Liga pertama yang menghentikan persaingan. Ini mengumumkan keputusan pada hari Jumat, hanya beberapa jam sebelum pertemuan yang diselenggarakan oleh Departemen pemuda dan olahraga untuk mendiskusikan dampak COVID-19 dengan asosiasi olahraga dan operator Liga Olahraga.

Pertemuan gagal untuk menghasilkan solusi apakah akan menunda atau membatalkan semua kompetisi nasional, dengan Menteri Zainudin amali meninggalkan keputusan untuk kebijaksanaan masing-masing Asosiasi. Departemen ini malah merancang sebuah protokol tentang bagaimana menangani penyebaran COVID-19 di dunia olahraga.

Kepala Departemen prestasi olahraga internasional, yayan Rubaeni, mengatakan bahwa protokol itu masih sedang disusun pada hari Selasa.

Pemain Bulutangkis yang kembali dari acara olahraga internasional, termasuk baru-baru ini menyimpulkan All England turnamen, akan terisolasi pada saat kedatangan di Indonesia, menurut Asosiasi Bulutangkis Indonesia (PBSI).

Semua juara Inggris Praveen Jordan dan melati Daeva Oktavianti adalah di antara 24 atlet, pelatih dan pejabat yang diharuskan untuk karantina diri di pusat pelatihan PBSI di Cipayung, Jakarta Timur, selama 14 hari setelah kembali dari Birmingham, Amerika Raya.

Atlet ini hanya dapat meninggalkan Cipayung untuk tujuan darurat setelah mendapatkan izin dari pelatih mereka dan dokter Asosiasi.

Sekretaris Jenderal PBSI Achmad Budiharto mengatakan mereka akan diberikan program pelatihan khusus yang dirancang untuk karantina mereka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *